06 Oktober 2007

LMDH Ikuti Reses Anggota Dewan

Radartegal.com, 4 Oktober 2007
PEMALANG - Sejumlah anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan ( LMDH) mengikuti acara reses anggota dewan dari Partai Keadilan Sejahtera ( PKS) Muhtamam Hasani di Balai Desa Kuta, Kecamatan Bantarbolang (3/10) kemarin. Acara reses ini berlangsung menarik karena selain membicarakan peran serta LMDH juga terjadi dialog antar anggota dewan dengan LMDH.

Dalam kesempatan itu Muhtamam mengatakan, saat ini masih terjadi mis komunikasi dan koordinasi antara perhutani dan pemerintah daerah. Akibatnya, juga terjadi lemahnya pemerintah daerah dalam mendukung program- program peningkatan dan pelestarian hutan yang berada di wilayah Kabupaten Pemalang. Disamping itu, lanjut Muhtamam, nasib para mitra tanam yang tergabung dalam LMDH menjadi tidak jelas akibat lemahnya pemerintah daerah dalam mendukung program-program peningkatan dan pelestarian hutan yang berada di Pemalang. Padahal mereka ini justru yang berjasa besar dalam menjaga kelestarian dan keberlangsungan hutan kita.

"Apalah jadinya kalo masyarakat desa hutan kurang handarbeni terhadap hutan kita, karena pencurian kayu dan penebangan liar masih saja terjadi. Dengan peran serta mereka hal semacam ini dapat dieliminir karena mereka akan mendapatkan sharing (bagi hasil) dari perhutani. "tutur Tamam.

Waka Administratur perhutani Pemalang, Ir Anton Budi penggagas LMDH yang hadir dalam acara tersebut juga membenarkan kurangnya perhatian pemerintah daerah terhadap LMDH. Penyebabnya tidak lain karena beberapa pejabat di pemkab Pemalang menganggap, bahwa LMDH adalah milik Perhutani. Padahal, LMDH bukanlah milik perhutani. Akan tetapi lembaga swadaya masyarakat desa sekitar hutan, perhutani sifatnya hanya menfasilitasi saja. Kemudian acara dilanjutkan dengan dialog. Dalam dialog tersebut, sejumlah warga mengeluhkan tentang kualitas jalan yang cepat rusak. Seperti terjadi Dukuh Panjang dan jalan antar desa lainnya. Mereka kepada anggota dewan meminta pemerintah segera melakukan perbaikan dan peningkatan jalan. Di akhir acara, para LMDH dan sejumlah warga melakukan buka puasa bersama. Mereka pun bergembira karena dapat bertemu dengan salah satu anggota dewan untuk menjelaskan berbagai informasi seputar kegiatan para anggota dewan. (tat)

0 Comments:

Recent Comments

© blogger beta templates | Webtalks